Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kalsel, Adi Santoso

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Ratusan penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus) mengikuti sosialisasi persiapan pemilu 17 April 2019 mendatang yang digagas Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel dan KPU di Banjarmasin Senin (25/2).

Kepala Kesbangpol Provinsi Kalsel, Adi Santoso kepada Kalselpos mengatakan,bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan guna mendengar langsung hal apa saja yang diperlukan bagi penyandang difabel ini khususnya berkaitan dalam pelaksanaan pemilu 17 April mendatang.

“Kami berharap ada solusi bagi penyandang difabel ini guna memudahkan mereka dalam menggunakan hak pilihnya,” ujar Adi Santoso. Kemudian berdasarkan data resmi yang sudah direlese dari penyelenggara pemilu bahwa DPT khusus bagi penyandang disahilitas sebanyak 9.838 orang dari total 15.000 orang.

Berdasarkan peraturan yakni pasal 5 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu mereka memiliki hak yang sama untuk memilih. “Penyandang difabel ini harus dibantu guna mendapatkan fasilitas memadai meski kendala dihadapi keberadaan mereka tersebar,” terang Adi Santoso.

Sementara itu seorang penyandang disabilitas, Suwanto mengungkapkan dari kegiatan ini kami sudah menyampaikan perihal kendala yang dirasakan, terutama dalam menggunakan hak pilih pada pemilu 17 April 2019 mendatang, sehingga perlu kiranya dari pertemuan ini ada solusi yang efektif guna mengatasi keterbatasan fisik

“Ya kami berharap dari keluhan ini bisa di rumuskan guna mencari solusi yang efektif,” harapnya. Lanjut Suwanto, kepada pemerintah atau penyelenggara pemilu bisa memahami kondisi yang mereka rasakan, sehingga dalam menggunakan hak pilih pada pemilu 2019 nanti ada kemudahan akses ketika menuju TPS dan lainnya berkaitan dengan pemilu. “Kami perlukan saat ini akses ketika menuju TPS, mengingat keterbatasan fisik,” tutupnya.

(sumber: http://kalselpos.com)

Kesbangpol gelar Sosialisasi Pemilu bagi Difabel

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *